Selasa, 14 Agustus 2012

contoh blog yang berkualitas

Seberapa sering Anda mendengar bahwa Anda harus membuat konten yang berkualitas? Agar blog Anda menjadi rujukan orang yang ingin belajar tentang topik yang Anda bahas?
Ya, membuat konten yang berkualitas diperlukan bukan hanya untuk mendapatkan traffic, tetapi juga untuk membantu blog Anda menjadi otoritas.
Jika tulisan Anda baik, pengunjung blog Anda akan senang membagikannya kepada teman-temannya. Jika sebaliknya – mungkin yang terjadi seperti gambar di samping. :)
Tetapi mungkin Anda bingung apa itu konten berkualitas. Karena begitu banyak faktor untuk menentukannya. Belum lagi banyaknya jenis konten-sehingga jenis satu dengan yang lain tidak bisa dibandingkan.
Jadi cara terbaik untuk belajar menulis adalah mencari contoh (tetapi jangan plagiat). Saya percaya bahwa dengan melihat tulisan-tulisan yang berkualitas, alam bawah sadar kita akan merekamnya.
Untuk itu berikut 10 contoh blog yang mempunyai konten yang berkualitas (menurut penilaian saya, dan melihat topik yang mereka bahas). Dan tolong catat, contoh-contoh ini tidak saya urut, dan penomoran tidak menunjukkan yang terbaik. Seluruhnya blog berbahasa Indonesia.
1. PSD Desain
Pengelolanya Jaka Zulham. Dia menulis tentang tips Photoshop. Diselingi dengan desain wordpress. Selain merupakan rujukan utama saya belajar Photoshop, membaca di sana enak. Karena penjelasanya cukup jelas, dan iklan yang tampil tidak mengganggu.
Kunjungi PSD Desain..
2. Blogguebo
Siapa yang tidak tahu blog Medhy Aginta ini? Mengutip salah satu tulisannya, blogguebo lambat laun disinonimkan dengan Tips Mencari Uang Lewat Blog. Saya tidak meragukannya, tulisannya khas! Belum lagi beberapa penghargaan yang pernah dia sabet.
Kunjung Blogguebo.
3. Ngonoo
Ngonoo baru saja lahir, kemudian melakukan gebrakan promosi dengan lomba/kontes. Meski pun saya tidak mengikutinya, saya suka tulisan di Ngonoo. Mereka membahas social media dan tip trik online dan mereka konsisten! Sehingga tidak campur aduk. Itu penting agar pembaca blog Anda tidak bingung.
Kunjungi Ngonoo.
4. Poetra Foto
Blog ini didirikan oleh Tim Poetra Studio Photography. PTP sendiri didirikan oleh Mishbahul Munir. Mengular tentang tips fotografi. Sejak teman saya mempunyai kamera, dia sering mengajak saya belajar memotret. Dan blog ini adalah salah satu rujukan terbaik kami.
Kunjungi Poetra Foto.
5. Sejuta-Puisi
Jika Anda ingin belajar menulis, khususnya menulis dengan gaya sastra, blog besutan Hasan Aspahani ini yang terbaik. Jurnalis Batam Post dan penyair ini memang memposting puisi-puisi karyanya di sana. Dan jika Anda memang ingin belajar, cari di arsip artikel “Ruang Renung” yang merupakan hasil renungannya bergelut dengan puisi.
Kunjungi Sejuta-Puisi
6. Not Ordinary Blogger
Saya baru saja mengenal Okto, ketika dia menjadi Blogger tamu di sini. Saya membaca tulisannya terlebih dahulu sebelum menyetujuinya. Saya rasa dia mampu menulis dengan jelas. Bukan panjang tulisannya, tetapi dia jarang bertele-tele.
Kunjungi Not Ordinary Blogger
7. Blogodolar
Selain Blogguebo, rekomendasi saya untuk belajar ngeblog adalah Blogodolar. Tag line blogodolar adalah tips ngeblog untuk membantu Anda menhasilkan dolar lewat blog. Dan Kang Yudiono membuktikannya dengan menghasilkan $2.682,34 dari Infolinks.
Kunjung Blogodolar.
8. Rismaka.net
Brand Rismaka lebih menonjol ketika dia menulis tentangwordpress. Dia cukup ahli urusan coding, seperti bagaimana mengoprek wordpress, menempatkan iklan di blog dan sebagainya. Pemiliknya bernama Kharisma Adi M. Dia berdomisili di Bogor.
Kunjungi Rismaka.
9. Blogombal
Ingin membaca tulisan yang lucu, sedikit jahil, dan rasan-rasan cerdas. Pak De Paman sangat mumpuni. Tulisannya mampu mengocok perut saya, kadang membuat saya menyadari begitu banyak hal-hal lucu di sekitar kita. Mengutip pendapat Hasan Aspahani, Blognya Pak De Paman ini top markotop.
Kunjungi Blogombal.
10. Goenawan Mohamad (GM)
Anda pembaca setia Tempo? Jangan lewatkan catatan pinggir, dan Anda akan menemukan nama Goenawan (lebih populer disebut GM) sebagai penulisnya. Dia adalah penulis kelas atas di dunia sastra Indonesia. Catatan Pinggir adalah tulisan yang saya tunggu-tunggu, dan sering saya baca ulang!
Kunjungi blog Goenawan Moehammad.
11. Pendapat Anda: Blog Siapa yang Ingin Anda Tambahkan?
Blognya siapa yang ingin Anda tambahkan sebagai contoh blog yang memiliki konten berkualitas? Feel free share it in the comments!
Foto: Jhows via Flickr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar